My Neighbor Totoro aka Tonari no Totoro (1988), Review dan Sinopsis

09.29

IMDB Rating : 8.2 demammalam rating : A Genre :  Animation, Family, Fantasy Director : Hayao Miyazaki Writter : Hayao Miyazaki Stars : Hitoshi Takagi, Noriko Hidaka, Chika Sakamoto Country : USA Language : Japan Release Date : 16 April 1988, Runtime : 86 minutes. Budget : $3.700.000,-  Color : Black and White Rate : PG-13.  Production Co. Tokuma Japan Communications, Studio Ghibli, Nibariki

Sinopsis
Tatsuo Kasukabe seorang dosen di universitas ternama, pindah ke sebuah rumah tua bersama kedua anaknya, Satsuki dan Mei agar lebih dekat dengan rumah sakit tempat ibunya dirawat, Di rumah barunya, mereka berteman dengan seorang makhluk magical, bernama totoro, dan mengalami berbagai kejadian fantasi nan ajaib.

Review
Bicara soal tentang film animasi buatan Jepang, nama sutradara Hayao Miyazaki dan Studi Ghilbi adalah salah satu yang paling diperhitungkan, setiap karyanya selalu ditunggu dan dinanti para penggemar film. Karyanya, terletak pada keunikan cerita, kekayaan gambar setiap karya dari Hayao Miyazaki bisa menggabungkan unsur lokal (atau mitos) dan bersinggungan dengan kepercayaan masyarakat sekitar, simak saja seperti Spirited Away (2001), atau melibatkan sejarah seperti The Wind Rises (2013), apapun itu kita selalu takjub terhadap hasil karyanya.


My Neighbor Totoro atau Tonari no Totoro adalah salah satu karya Hayao Miyazaki yang paling unik dan beda dengan yang lain, jika karya-karya sebelumnya bisa dinikmati dan dimengerti oleh usia diatas 15 tahun, cerita My Neighbor Totoro dibuat sangat sederhana dan mudah dimengerti bahkan dengan sedikit bimbingan anak usia 5 tahun dapat mengerti isi cerita dalam film ini.

Jika difilm-filmnya, Hayao Miyazaki membuat tujuan yang jelas untuk filmnya/misi atau tugas (baik itu tentang penyelamatan terhadap makhluk gaib, pencarian benda pusaka, atau perancangan pesawat terbang), kali ini cerita mengalir apa adanya tidak ada tokoh baik atau tokoh jahat, protogonis atau antagonis, alur cerita bergerak seperti realitas kehidupan normal pada umumnya dan tentunya dekat dengan kepercayaan asia khususnya. Seperti bagaiman perasaan, ketika sebuah keluarga pindah kerumah tua, yang tentu sudah ada sambutan  penghuni gaibnya dan sekeliling hutan yang dijaga oleh makhluk gaib, cerita yang sangat familiar tapi dibungkus dengan aroma kekeluargaan yang kental dan menghibur tentunya.


Selain unsur cerita yang menarik, Faktor yang My Neighbor Totoro semakin memorable, ialah desain karakter-karakternya, khususnya karakter Totoro dan sahabatnya yang tampil, unik, lucu, dan mengemaskan tak jarang tingkahnya menimbulkan gelak tawa dari penontonya. Kombinasi tingkahnya dengan Satsuki dan Mei yang ceria membuat film ini menghasilkan nuansa persahabatan bagi setiap penontonya, meskipun saya terkadang merasa aneh dengan seringai/tawa dari Totoro. Kalo saya lihat, mungkin karakter Snorlax di animasi Pokemon, terinspirasi dari karater Totoro.


Sedikit kelemahan kecil ini, tidak dijelaskannya penyakit apa yang diderita oleh sang ibu sehingga kenapa harus pindah ke sebuah desa yang letaknya pun ternyata juga tidak dekat dengan rumah sakit (harus 3 jam bersepeda), dan siapa sebenarnya totoro ?

Kesimpulan Saya
My Neighbor Totoro ialah sebuah film yang sangat solid, tentang kepolosan anak-anak yang riang gembira, penuh rasa ingin tahu dan keberanian. Jika kita menontonya, soundtrack nya akan selalu berputar-putar dan tak akan lupa oleh ingatan, bagi saya pribadi My Neighbor Totoro ialah film yang tidak saat inginkan berakhir saat ditonton. Sangat saya anjurkan ditonton, untuk siapapun yang ingin kembali waras untuk melupakan sejenak realita kehidupan modern saat ini.

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar

Like us Facebook

Ikuti Saya