Fakta Menarik di Balik Film Star Wars

06.08

Star Wars merupakan film Science Fiction atau sering disingkat dengan Sci-Figarapan sutradara George Lucas yang dirilis pada tahun 1977, film tersebut menjadi hits pada tahun nya dan masih terkenal hingga saat ini.

Kesuksesan film ini memberikan efek domino seperti sekuel atau lanjutan nya yang berjudul The Empire Strikes Back (1980), The Return of the Jedi (1983) dan menjadi Original Trilogy hingga 20 tahun kemudian muncul trilogy prequel nyaThe Phantom Menace (1999), Attack of the Clones (2002), dan Revenge of the Sith(2005).

Bukan hanya di film saja yang meraih kesuksesan dari segi merchandising juga menggiurkan untuk meraup pundi-pundi uang seperti action figures, comic, graphic novel, video games, movie replica, dan masih banyak lainnya yang laku keras di pasaran.

Star Wars tidak hanya membawa pada hal-hal fisik yang dapat dinikmati oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Tetapi, kegemaran pada penggemarnya tersebut pun menyentuh pada sisi perayaan. Setiap tanggal 4 Mei diperingati oleh paraFanboy dan Fangirl (sebutan untuk para fans Star Wars) sebagai Star Wars Day dan terdapat ucapan khas pada hari tersebut yaitu, “May the 4th be with you”. Star Wars Day dirayakan dengan marathon seluruh film Star Wars, parade kostum karakter Star Wars, dan beberapa hal lain nya yang berhubungan dengan film Star Wars.

Berikut fakta-fakta dibalik film Star Wars :

- pada awalnya George Lucas ingin menggarap Flash Gordon ke layar lebar, namun pemegang hak cipta Flash Gordon, Dino De Laurentis tidak mau mengangkat Flash Gordon ke layar lebar. Untuk mengobati kekecewaannya, George Lucas menciptakan Star Wars dan credits yang berisi ringkasan cerita pada opening scenesetiap seri Star Wars. Hal tersebut ter-influence dari serial TV Flash Gordon pada tahun 1930-an.
- Darth Vader merupakan karakter yang pertama kali diciptakan oleh Lucas dalam kisah Star Wars, Vader dalambahasa Belanda yang artinya 'ayah'.
- Nama planet 'tatooine' tempat tinggal Anakin dan Luke Skywalker diambil dari nama kota kecil di Tunisia yang bernama 'Tataouine'. merupakan lokasi syuting film Star Wars.

C-3PO dan R2-D2
- Karakter C-3PO dinamai berdasarkan lokasi sebuah kantor pos di kampung halaman George Lucas, dimana di peta kantor pos tersebut terdapat seksi C3 Post Office
- Sedangkan R2-D2 merupakan singkatan yang dibuat oleh Lucas merupakan kepanjangan dari 'Reel two Dialog Two'
- Kenny Baker aktor dibalik kostum R2-D2 mendapat perlakuan yang unik ketika proses pengambilan gambar selesai ia diberi tanda oleh crew dengan mengetuk kostum R2-D2 nya dengan palu. untuk menandakan bahwa pengambilan gambar telah selesai.
- "Princess leia: han, i love you ; Han Solo: i know" jawaban Harrison Ford merupakan improvisasi dari si aktor karena seharusnya dalam naskah jawaban Han Solo adalah "i love you too".
- Judul asli episode VI "Return of Jedi", merupakan revisi yang seharusnya adalah"Revenge of Jedi". Hal tersebut di revisi oleh Lucas karena 'Revenge' tidak menunjukkan sifat dari ksatria jedi.
- Nama karakter Padme Amidala, diambil dari bahasa sansakerta Padme yang artinya bunga teratai dan Amidala yang berarti sebuah manifestasi spiritual tertinggi.
- Di gagang lightsaber milik Mace Windu yang diperankan Samuel L.Jackson terdapat ukiran inisial "B.M/.F" yang merupakan kepanjangan dari "Bad, Mother F*cker" diambil dari tulisan dompet yang dipakai oleh Jules karakter yang diperankan Samuel L.Jackson juga dalam film Pulp Fiction (1994).

- Karakter Darth Maul dalam Episode I : The Phantom Menace berkedip hanya satu kali yaitu setelah membunuh Qui-Gon Jin

- Design kostum Darth Vader terinspirasi dari prajurit padang pasir di Semenanjung Arab dan helm Darth Vader terinspirasi dari helm prajurit Kabuto dari Jepang pada zaman Edo di Jepang.

- Design kursi yang digunakan saat Palpatine di Episode II: Attack of The Clones merupakan kursi yang sama digunakan oleh Emperor di Episode VI. Sebuah sentuhan cerdik bahwa kelak ia akan menjadi Emperor.

- Nama karakter Anakin Skywalker berasal dari nama sahabat sang sutradara yaitu Ken Anakin yang merupakan orang Indian. “Anakin” sendiri dalam bahasa Indian artinya pejuang.
Jabba The Hutt tercekik Putri Leia
- Taktik yang digunakan oleh federasi dagang untuk menginvasi planet Naboo sama dengan strategi Jerman untuk menginvasi Polandia pada saat Perang Dunia II yang disebut peristiwa Blitzkrieg.
- Bahasa yang digunakan ras Ewok dalam Episode VI, merupakan campuran dari bahasa Tibet, Nepal, Tagalog dan Mongolia.

- Proses kematian Jabba the Hutt di Episode VI diilhami oleh adegan dalam film The Godfather (1972) ketika tokoh Luca Brasi tewas karena tercekik.

Sumber : http://www.jakartanetwork.com/2014/09/movie-facts-fakta-fakta-di-balik-film.html

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar

Like us Facebook

Ikuti Saya