The Fugitive (1993), Review dan Sinopsis

21.02

Sinopsis

dr. Richard Kimble (diperankan Harrison Ford), menghadapi tuduhan pembunuhan tingkat pertama terhadap istrinya sendiri Helen Kimble (Sela Ward) dan diputuskan bersalah dan dihukum mati, di perjalanan menuju penjara mobil yang ditumpanginya para napi (termasuk dr. Richard) mengalami insiden, sehingga para napi segera menyelamatkan diri dan ini juga kesempatan dr. Richard Kimble untuk mencari pembunuh asli istrinya sambil menghadapi kenyataan bahwa dia sekarang menjadi buruan nasional.

IMDB Rating : 7.8 demammalam rating : B Genre : Action, Adventure, Crime, 
Director : Andrew Darvis, Writter : Jeb Stuart and David Twohy,  Stars : Harrison Ford, Tommy Lee Jones, Sela Ward, Julianne More, Sela Ward Country : USA  Language : English, Polish, Spansih,  
Release Date : 6 Agustus 1993, Filming Locations : USA (Chicago, Illionis) Runtime : 130 minutes,  Color : Color, Oscar Wons : 1 (Best Actor in a Supporting Role – Tommy Lee Jones) Golden Globes Wons : 1 (Best Actor in a Supporting Role – Tommy Lee Jones)

Review

The Fugitive (1993), menghadirkan suasana film action “klasiK” yang mungkin sulit kita peroleh di masa sekarang ini, di awal-awal film kita melihat pemandangan kota dan cuplikan-cuplikan gambar buram seolah menegaskan bahwa kejadian yang dialami sudah terjadi di masa lampu atau sebatas ingatan dan bayangan dari seseorang, melihatnya plot yang dibangun oleh sutradara, bahwa cerita akan bergerak dari kisah masa lalu.

Cerita yang diangkat termasuk sangat mudah dicerna oleh segala penonton dari segala jenis umur (mungkin 13 tahun ke atas lebih pas), tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan mungkin sesuai dengan keinginan sutradara Andrew Darvis yang selama karir penyutradaraannya menghasilkan film-film action kelas B seperti Undersiege (1992) atau Above the Law (1988), The Fugitive bahkan sempat dijuluki “Good Movie with Bad Director” karena karya-karya yang dihasilkan Andrew Darvis yang biasa saja, menghasilkan sebuah karya film action yang termasuk top movie!

Harrison Ford
(berperan sebagai dr, Richard Kimble)
Bagaimana mengangkat storyline yang biasa, bahkan juga diangkat dari serial TV jadi film yang luar biasa ? tanyakan pada dua aktor utamanya yang saling beradu Harrison Ford dan Tommy Lee Jones. Sebagai pemeran utama, Harrison Ford tampil begitu charming, seolah di film ini Ford mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik, Ford menampilkan peran sempurna sebagai seorang pemurung yang tampan yang mecari keadilan terhadap dirinya. Ford termasuk aktor serba bisa lintas genre dari mulai ala sci-fi Star Wars, petualangan meneganggkan arkeolog bad-ass Dr. Indiana Jones hingga presiden amerika di Air Force One dan ini adalah salah satu penampilan terbaik Ford.

Tommy Lee Jones
(berperan sebagai Deputi US Marshall, Samuel Gerard)
Tommy Lee Jones, membuat The Fugitive bukan menjadi film action biasa, Tommy Lee Jones mempunyai kemampuan dalam mengeluarkan dialog-dialog keras, tegas dan berbau humor (tanpa disadari) berperan sebagai Deputi US. Marshall, beliau memberikan penampilan sempurna cerminan “Hukum harus di Tegakkan”, banyak dialog yang dikeluarkan Tommy Lee Jones dan Harrison Ford di sepanjang film ini merupakan improvisasi dari mereka.


The Fugitive, mewakili dua aspek dalam dunia hukum saat ini, dimana pun dan kapanpun Sang Pencari Keadilan dan Sang Penegak Hukum, karena hubungan yang semakin intim dari kedua unsur tersebut berhasil membuat ketegangan dan keseruan. Jika tidak ? mungkin film ini hanyalah drama pengejaran panjang biasa, meskipun musik latar silih berganti. 

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar

Like us Facebook

Ikuti Saya