Training Day (2001), Review dan Sinopsis

22.23

IMDB Rating : 7.7
demam malam rating : B+

Metascore : 70/100
Genre : Crime, Drama, Thriller
Director :
 Antoine Faqua, Writter : David Ayer Stars : Denzel Washington, Ethan Ewake, Scott Glen, Official Site : Warner Bors, Language : English, Release Date : 5 October 2001 (USA), Runtime : 122 minutes.  
Oscar Wons : 1 (Denzel Washington - Best Actor in Leading Role)

Sinopsis
Jake Hoyt (diperankan oleh Ethan Hawke), seorang perwira polisi muda yang idealis dan menjunjung tinggi prosedur hukum melamar di Los Angles Police Departement (LAPD) sebagai polisi unit narkoba dengan tujuan dan cita-cita mulia. Namun sebelum diterima unit tersebut, Jake harus melalui “Traning” oleh detektif polisi eksentrik, yaitu Alonzo Haris (diperankan oleh Denzel Washington), seorang polisi senior yang sudah bertugas hampir 13 tahun, dan terkenal sering mengaburkan batas tindakan saat melakukan prosedur kerja. Perbedaan sikap dan ideologis mereka tentang keadilan, menjadikan jake harus mengetahui siapa “Real Enemy” sesungguhnya. 


Review/ Sinopsis

Saya adalah salah satu penggemar Denzel Washington, ketika tidak sengaja menonton American Gangster (2008) hampir semua filmnya terutama tahun 2004 ke atas seperti Man on Fire (2004), Glory (1989), Inside Man (2006), The Great Debates (2007), Deja Vu (2006), 2 Guns (2013), dan banyak lainya. Dan Training Day ialah yang paling ingin saya tonton karena di Film ini Denzel diganjar oscar pertamanya untuk kategori Best Actor in Leading Role (sebelumnya  Denzel mendapatkan oscar di Glory (1989) untuk ketegori Best Supporting Actor)

Cerita Training Day sangat sederhana, seorang polisi yang idealis dan seorang polisi yang mengaburkan batas kejahatan dan kebenaran. Di unit pemberantasan narkoba, seorang petugas harus luwes dalam bergaul, tak jarang para polisi di unit ini juga pemakai narkoba agar penyamarannya terhadap suspects yang di intai lebih meyakinkan, diawal awal cerita kita akan melihat bagaimana seorang Alonso sebagai senior cop mementor Jake saat melakukan penyergapan transaksi ganja kelas teri yang dilakukan oleh sekelompok pelajar (uniknya yang memberikan informasi/sebagai informan ke polisi ialah penjual barang haram tersebut). Setelah sukses mengagalkan transaksi dan menyita barang bukti, Alonso malah memberi perintah untuk Jake untuk menghisap barang sitaan tersebut, agar bisa mengerti dan membaur dengan para bandar narkoba

Di Trainning Day, kita bisa melihat sisi lain dari dunia kriminalitas yang tak tampak oleh gemerlapnya pembangunan, Film ini coba menuturkan bahwa para banyak elit penegak hukum hidup dengan cara simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dengan para bandit, para bandit dan bandar leluasa menjual narkoba dengan perlindungan keamanan dengan memberikan setoran pada polisi dan sebagai informan jika ada transaksi, dan polisi menjalankan tugas mulianya dengan menangkap para calon pembeli dan pemakai barang haram tersebut.
               
Pesona di film Training Day ialah adalah chemsistry antara seorang Denzel Washington dan partner in crimenya Ethan Hawke, Denzel salah satu aktor dengan keistimewaan dalam pengucapan naskah dan dialog, berperan layaknya percakapan dalam kehidupan sehari-hari. Melihat Denzel di sini sangat bad ass, dan sangat sangat fasih dalam memerankan perannya, bahkan Denzel bertutur bahwa perannya di film ini ialah peran favoritnya selama karir di dunia perfilman, sebelum Denzel yang diplot untuk utama, nama Bruce Wills (sang polisi gagah berani yang tak kunjung mati) muncul untuk peran Alonso, entah bagaimana mungkin pembawaan Alonso jika diperankan oleh Bruce, mungkin tidak akan se ikonik ini.

Salah satu yang saya suka ialah ending cerita film ini, bukan bermaksud membocorkan 25 menit terakhir di film ialah saat saat yang paling mendebarkan bagi saya untuk menebak-nebak kemana cerita akan dibawa, dan akhirnya penulis naskah mengambil langkah paling bijak, masuk akal dan realistis untuk menuntaskan film ini.

Oh ya, ada quote di awal film yang saya cukup ingat :
Alonso Harris : You don't know any stories? Okay, I'll tell you a story. This is a newspaper. It's 90 per cent bullshit, but it's entertaining. That's why I read it, because it entertains me.
 
Quote diatas sindiran untuk media massa dan masyarkat, yang mengambarkan bahwa isi dari media 90% ialah omong kosong, tetapi menarik dan menghibur, artinya jangan salahkan media yang terlihat omong kosong, karena sejujurnya yang kita butuh media massa bukan untuk kebenarkan tapi karena sesuatu yang menarik dan menghibur


Kesimpulan :

Bagi penggemar film genre Crime dengan sub genre cop, film ini patut anda tonton. Bagi yang tidak suka film kriminal ? anda juga harus menonton film ini, melihat Denzel Washington dengan performa terbaiknya menjadikan kenangan tersendiri untuk penonton film ini. 

Artikel Menarik Lainnya

0 komentar

Like us Facebook

Ikuti Saya