Review Film Dallas Buyers Club

22.27

Sinopsis 
Film yang berjudul Dallas Buyers Club diangkat dari kisah nyata yang dialami Ron Woodroof pada tahun 1980-an. Ron (Matthew McConaughey) adalah seorang koboi di Texas dengan gaya hidup heteroseksual. Pada tahun 1985 ia divonis menderita penyakit mematikan, yaitu AIDS, dan umurnya diprediksi tinggal 30 hari lagi.

Produser : 
Robbie Brenner, Rachel Rothman-Winter, Nathan Ross
Sutradara : Jean Marc Vallee
Penulis Naskah : Craig Borten, Melisa Wallack
Aktor dan Aktris : Matthew McConaughey, Jennifer Garner, Gael Garcia Bernal, Jared Leto
Review Saya : 
Apa yang anda lakukan jika nyawa anda tinggal 1 bulan lagi ? bertobat pada Yang Kuasa serta pasrah dengan keadaan ? melakukan hal-hal yang bisa anda lakukan sebelum mati ? atau menyelesaikan segala urusan anda sebelum mati agar tidak merepotkan orang lain ? atau mencari jalan lain agar tetap hidup ? Awal menonton film ini saya berpikir akan melihat hari-hari penderita AIDS dalam menikmati sisa umurnya, namun ternyata tidak di Film ini sang punya cerita Ron Woodroof berusaha mencari jalan untuk memperpanjang umurnya, mencari tahu segala tentang penyakit yang dideritanya, dan serta semangat pantang menyerah.



Ada beberapa scene dalam Dallas Buyers Club yang teringat di memori saya, terutama di menit menit awal ketika Ron berusaha mencari tahu informasi sebanyak apapun tentang AIDS, bayangkan kondisinya di 1985-an tanpa internet, membuka berbagai buku, literature, tidak terpikirkan oleh saya dengan gaya cowboy Ron yang terlihat tidak berpendidikan. Pencarian Ron terhadap obat-obat AIDS lah yang menjadikan titik awal film ini menjadi cerita survival, dari mula perjuangan untuk sekedar memperpanjang nafasnya sendiri, berubah menjadi bisnis jual obat-obatan illegal (penyelundupan), lanjut perjuangan melawan arogansi politik, pemerintah dan FAO (liar bukan ?)

Di masa itu, AIDS dianggap sebagai penyakit untuk homo (penyuka sesama jenis), dan masyarakat belum terlalu mengenal apa sebab dan proses penyebaran AIDS sehingga para penderita langsung terintimidasi dan dikucilkan dari kehidupan (di masa kini masih sepertinya). Sebenarnya saya juga punya pertanyaan bagaimana Ron bisa terinfeksi virus tersebut ? dia bukan homo ? kemungkinan besar dari gaya hidup seks bebasnya, sayang film tidak menjelaskannya, sehingga saya cuma bisa beranalisis saja.

Kredit poin untuk para pemain menampilkan akting yang luar biasa. Matthew McConaughey yang rela bobot tubuhnya hilang 20kg untuk mendapatkan penampilan prima di film ini, dengan akting yang memukau, pendalaman karakternya luar biasa, sehingga penonton menjadi simpati dan sepertinya menjadikan tokoh Ron sebagai pahlawan rakyat untuk memerangi AIDS. Jared Leto juga luar biasa, memerankan tokoh transgender, dengan ah.. sulit saya tuliskan bahkan saya tidak ingat bahwa dia juga muncul di Requim of Dream, sangat sulit memerankan tokoh transgender tapi leto menampilkannya dengan begitu, halus, lembut, dengan dilema dan kegalauannya menjadi kekuatan sendiri dalam film ini.

Transformasi luar biasa dari Matthew McConaughey,  dahulu di awal jika anda mengatakan bahwaMatthew McConaughey akan mendapatkan oscar mungkin anda akan
ditertawakan karena perannya selalu dengan dada terbuka dan terlalu komersil
sekarang atas kontribusi maksimalnya dalam Dallas Buyers Club
beliau mendapatkan oscar pertamanya, walaupun saat itu bersaing dengan langganan nominasi Bale dan Dicaprio
Transformasi dari Jared Leto, karakternya menjadi drama ini menjadi hidup, sehingga dia
juga diganjar Oscar untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik.
Menurut saya, Dallas Buyers Club sukses menjadi tontonan yang mengasyikan tanpa menggurui para penontonnya (seperti banyak film kebanyakan), memunculkan sosok tokoh kontroversial (bajingan tentunya) menjadi pahlawan tersendiri di kaumnya.

Pelajaran untuk saya bahwa mengangkat perjuangan hidup seseorang dalam tidak hanya dengan drama sentimental, ternyata bisa juga dengan cara yang lebih liar, bebas tanpa mengurangi makna yang di petik didalamnya.

Sebagai informasi Dallas Buyers Club mendapatkan 3 Oscar dari 6 Nominasi di Oscar ke-86

  • Pemeran Utama Pria Terbaik Matthew McConaughey 
  • Pemeran Pendukung Pria Terbaik Jared Leto 
  • Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik
Sayang untuk dilewatkan bukan ?


Artikel Menarik Lainnya

0 komentar

Like us Facebook

Ikuti Saya