Mencermati Labelisasi Gagap Teknologi (Gaptek)!!!

20.13

gue punya sedikit pandangan yang agak nyeleneh tentang fenomena gaptek (gagap teknologi) yang sedang “booming” saat ini, kata gaptek belakangan ini lebih cendrung mengarah kepada labelisasi terhadap seseorang terhadap suatu pengetahuan teknologi yang kita miliki. Kata gaptek juga sepertinya agak berbau “penghinaan” terhadap seseorang akan teknologi yang kita ketahui dan sering digunakan namun orang tersebut tidak mengetahuinya. Itu kah gaptek ??? sepertinya sedikit terlalu dangkal kalo hanya itu yang dikatakan gaptek.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda – beda terhadap teknologi. Contoh soal aja neh, ketika gue ingin ikut berbisnis internet, baik ikut PTC (paid to click), PTR (Paid to review), dan lainnya. Paling tidak gue harus memiliki account paypal dunk ? kadang kala kebutuhan itu hanya dibutuhkan saat tertentu saja misalnya, ketika kita mau buat presentasi dengan bahan video yang tersedia di youtube. (kan buat presentasi ngak pernah tiap hari kan ?)



Itulah yang menjadi landasan perbedaan pengetahuan dalam bidang teknologi, karena kebutuhan individu yang satu dengan individu yang lain belum tentu sama! Atau kebutuhan lu dan gue ngak akan pernah sama! Kalo mau maksain sama,... yah adanya Cuma jadi mubajir aja...

Contoh lagi neh : biar kita semuanye pade kudu sadar... jangan memvonis orang gaptek...

Seorang Peternak, mungkin belum tentu perlu pengetahuan tentang GPS (global position system) yah jelas saja.. karena mungkin setiap hari kegiatan dan pekerjaannya hanya sekitar tempat dia beternak saja, berbeda mungkin dengan orang yang tinggal di jakarta atau ibukota yang bekerja sebagai bos, sering mengikuti rapat, seminar atau pun yang lain mungkin amat terbantu dengan teknologi GPS, untuk menghindar kemacetan sehingga ia bisa sampai tempat pada waktunya.

Nah,,,, peternak tersebut bisakah kita vonis GAPTEK ??? jika ada yang mengatakan iya, maka saya akan berdiri di garda depan untuk mengatakan :

TIDAK!!!!!!!!!!!!!!!!

Yah jelas saja, peternak tersebut mungkin belum membutuhkan pengetahuan dan penggunaan tentang GPS untuk menunjang pekerjaanya dan bisa dikatakan sama sekali tidak membutuhkannya!!!!

Nah... bukan berarti, gue langsung memvonis bahwa bagi orang-orang yang tidak butuh dengan teknologi langsung tidak usah mempelajari dan mengetahuinnya. Seminimalnya di Abad ini, di Indonesia kita berharap tidak ada lagi masyrakatnya yang tidak bisa menggunakan komputer, ataupun berinternet dalam sebuah kelurahan atau desa.

Sementara bagi kita yang mungkin sudah tanggap teknologi terutama di Dunia Maya, Google mungkin bisa menjadi jawaban-jawaban tentang pertanyaan kita. Kita buka satu per satu website yang direkomendasikan oleh Google dan pilih yang paling mudah dicerna dan diaplikasikan oleh kita, hati-hati juga terhadap iklan dan situs-situs berbahaya dan belajarlah dari pengalaman. Sepertinya cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari ketakutan kita atas sebuah labelisasi “gaptek” ketika kita bertanya kepada orang lain. Mungkin tidak semuanya berlaku seperti itu, tapi tidak dapat di pungkiri bahwa tidak sedikit juga orang-orang disekitar kita yang memiliki sikap seperti itu.

Internet dengan via mbah google (atau search engine yang lain, seperti baidu, bing, yahoo, dll) adalah gudang informasi bagi kita (meski hati-hati ada Hoax), sesekali sempatkanlah untuk mencari sesuatu di internet untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan kita, misalnya peternak tadi dengan internet bisa mencari solusi pakan alternatif. Hal ini akan membuat terbiasa mencari sesuatu (tapi jangan juga dibiasakan) via internet. Terakhir perbaiki bahasa inggris kita, terkadang bahan yang bahasa indonesia tidak selengkap yang bahasa inggris.
Kita pelajari dan mencoba pahami sedikit demi sedikit, pilih teknologi yang benar kita butuhkan saja, singkirkan yang dianggap tidak perlu, cukup kita mengetahuinya saja, dan bagi pengetahuan teknologi yang kita pahami kepada siapa saja untuk mencari amalan jariyah dan ridho Allah swt (ilmu yang bermanfaat).

Sebelum posting ini ditutup.... gue mau bagi pengalaman seputar yang kejadian yang gue rasa amat GAPTEK... dan bener bener GAPTEK dan diharapkan bagi yang baca posting ini bisa menuliskan kejadian dan pengalaman yang dialaminya juga......
..
Kejadiannya sewaktu gue SMA, kelas X... gue punya temen rada “sombong” gitu.. pagi-pagi dia dateng ke meja gue, dan gue inget banget lagi ngerjain tugas (tapi lupa tugas apa...) di ngomong kuat ma gue “isdar... aku beli komputer baru loh... canggih deh.. ntar masukin game kayak dirumahmu yah..” gue hentikan pena, sambil ngomong “Wuih.. manteplah boi... bisa numpang maen neh aku... komputermu pake OS apa ?” dan jawabannya sedikit monohok hati... “microsoft”,,, dan terbayang sendirilah.. untung saja yang dateng baru belasan orang... sehabis dia ngomong tuh... gue luruskan pikiran dia kejalan yang benar... kembali kepada Sang Penciptannya...

Sekian wak geng!!!!!!!
Wassalam....

Padang, 17 Mei 2010
Pukul 00.32

Diajukan sebagai :
 PESERTA
  HIMA TI Blog kompetisi 2010 Politeknik Negeri Padang

Artikel Menarik Lainnya

3 komentar

  1. keren wak...

    ikutkn aja d lomba t...

    BalasHapus
  2. tolong ikutan ya isi kuesionernya.. silahkan masuk ke link ini :

    http://www.kwiksurveys.com/online-survey.php?
    surveyID=KOHJHG_fd4bfd6e

    maksasih sebelumnya.. moga sukses slalu buat anda!

    BalasHapus
  3. Salam kenal om dari Blogger Gaptek,,
    he,,


    Btw, tulisan tentang Gaptek ini berhasil menang gak om di kompetisi ??

    semoga menang deh....:)

    BalasHapus

Like us Facebook

Ikuti Saya